Tugas Pokok dan Fungsi

  • 05 Desember 2019

Sesuai Peraturan Daerah Kota Gorontalo Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, serta Peraturan Walikota Gorontalo Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kota Gorontalo, maka Tugas Pokok dan fungsi dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.       Kepala Dinas

          Dalam melaksanakan tugas Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman mempunyai tugas membantu Walikota dalam sebagian urusan pemerintahan di bidang Perumahan, dan Bidang Kawasan Permukiman & Penerangan Perkotaan di Kota Gorontalo. Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman kota Gorontalo,  menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :

  1. Merencanakan kegiatan pembangunan di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta bidang penerangan perkotaan dan pemakaman umum secara berkesinambungan untuk pengembangannya.
  2. Merumuskan kebijakan teknis di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta bidang penerangan perkotaan dan pemakaman umum sesuai kebutuhan untuk peningkatan kinerja unit.
  3. Menyusun kebijakan teknis di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta bidang penerangan perkotaan dan pemakaman umum berdasarkan petunjuk Pelaksanaan/Petunjuk Teknis sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  4. Mengendalikan pelaksanaan Pengelolaan Keuangan dan asset sesuai ketentuan Peraturan Perundang-undangan.
  5. Mengorganisir pelaksanaan kegiatan di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta bidang penerangan perkotaan dan pemakaman umum melalui mekanisme/prosedur kerja untuk kelancaran pelaksanaan tugas unit.
  6. Mengendalikan pelaksanaan kegiatan di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta bidang penerangan perkotaan dan pemakaman umum secara terpadu untuk tertibnya pelaksanaan tugas.
  7. Mengarahkan  pelaksanaan kegiatan di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman serta bidang penerangan perkotaan dan pemakaman umum berdasarkan skala prioritas untuk terlaksananya proses pembangunan.
  8. Memberikan perizinan dan advis teknis di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai jenisnya untuk menjamin kepastian hukum.

          Kepala Dinas dalam tugas dibantu oleh tiga Eselon III yaitu : Sekretaris, Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kepala Bidang Penerangan Perkotaan dan Pemakaman Umum.

 

2.       Sekretaris

          Mempunyai tugas melaksanakan tugas penatausahaan dibidang Perencanaan dan Program Pelaporan, Keuangan, Kepegawaian, Umum, Aset dan Kearsipan berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Sekretaris menyelenggarakan fungsi :

  1. Menghimpun kebijakan teknis dibidang penyusunan program, keuangan, kepegawaian, umum, aset dan kearsipan sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  2. Menyusun rencana kegiatan unit sesuai kebutuhan untuk menjadi program unit.
  3. Melaksanakan tugas pengelolaan administrasi Perkantoran berdasarkan pedoman untuk peningkatan pelayanan.
  4. Melaksanakan tugas pengelolaan administrasi Keuangan berdasarkan pedoman untuk tertibnya Administrasi Keuangan.
  5. Melaksanakan tugas pengelolaan kepegawaian berdasarkan petunjuk Pelaksanaan/Petunjuk Teknis untuk tertibnya pelaksanaan administrasi kepegawaian.
  6. Melaksanakan tugas pengelolaan perlengkapan, aset dan kearsipan sesuai kebutuhan untuk kelancaran kegiatan unit.
  7. Melakukan pembinaan pegawai secara berkala untuk peningkatan kinerja aparatur.

         

          Bidang Kesekretariatan terdiri atas dua Eselon IV yaitu : Sub Bagian Perencanaan Program dan Sub Bagian Adm Keuangan Umum dan Kepegawaian.

 

2.1.    Sub Bagian Program

                   Sub Bagian Program mempunyai tugas, penyusunan program berdasarkan petunjuk berdasarkan petunjuk pelaksanaan / petunjuk teknis untuk kelancaran pelaksanaan tugas unit. Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Program menyelenggarakan fungsi:

  1. Menyiapkan kebijakan teknis penyusunan program sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  2. Mengumpul data program kegiatan sesuai jenis sebagai bahan penyusunan program unit.
  3. Menyusun rencana program kegiatan unit sesuai skala prioritas sebagai bahan penetapan anggaran satuan kerja.
  4. Menyusun Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), Renstra, Renja, RKPD.
  5. Membuat Laporan Evaluasi Kinerja
  6. Mengajukan Rencana Kerja Anggaran melalui Tim Anggaran eksekutif untuk menjadi Dokumen Penggunaan Anggaran.

 

2.2.    Sub Bagian Keuangan, Umum dan Kepegawaian

                   Sub Bagian Administrasi Keuangan, Umum dan Kepegawaian  melaksanakan tugas pengelolaan administrasi Keuangan, Umum, dan kepegawaian, sesuai petunjuk pelaksanaan/ petunjuk teknis untuk tertibnya administrasi keuangan, umum dan kepegawaian serta melaksanakan tugas pengelolaan perlengkapan, aset dan kearsipan berdasarkan pedoman untuk kelancaran tugas unit. Dalam melaksanakan tugas Sub Bagian Administrasi Keuangan, Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi :

  1. Menyiapkan kebijakan teknis administrasi keuangan, umum dan  kepegawaian dan kebijakan teknis dibidang perlengkapan, aset dan kearsipan sesuai kebutuhan dasar pelaksanaan tugas.
  2. Melakukan penyusunan rencana pengelolaan administrasi keuangan, umum dan  kepegawaian serta rencana pengadaan barang inventaris sesuai kebutuhan untuk kelancaran kegiatan unit.
  3. Mengelola administrasi keuangan sesuai pedoman untuk tertibnya penggunaan anggaran.
  4. Meneliti kelengkapan pengajuan pencairan anggaran berdasarkan petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis untuk proses pencairan.
  5. Mengesahkan surat perintah membayar sesuai kebutuhan sebagai dasar penerbitan surat perintah pencairan dana.
  6. Menyusun laporan prognosis keuangan unit berdasarkan penggunaan anggaran sebagai bahan pertanggungjawaban.
  7. Menyusun rencana kebutuhan pegawai sesuai formasi untuk optimalisasi pelaksanaan tugas serta melaksanakan pengelolaan inventarisasi berdasarkan pedoman untuk tertibnya administrasi barang milik unit.
  8. Membuat usulan permintaan pegawai sesuai kebutuhan untuk kelancaran pelaksanaan tugas serta melakukan pemeliharaan barang inventaris unit sesuai ketentuan untuk keutuhannya.
  9. Menyusun daftar induk kepegawaian sesuai petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis untuk tertibnya administrasi kepegawaian serta mengelola kearsipan sesuai jenis/ kelompok sebagai bahan dokumentasi dan mempermudah pencarian.
  10. Melakukan pengelolaan administrasi kepegawaian melalui daftar Urut Kepangkatan dan Nominatif untuk tertibnya administrasi kepegawaian serta menyeleksi arsip sesuai jangka waktu untuk penyusutan.
  11. Membuat daftar arsip dan asset berdasarkan nilai guna untuk diusul musnahkan.
  12. Melakukan pemusnahan melalui mekanisme dan prosedur sesuai ketentuan dan nilai guna arsip dan asset.
  13. Membuat berita acara pemusnahan sesuai daftar usulan sebagai bahan pertanggungjawaban.

 

3.       Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman

          Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman mempunyai  tugas melaksanakan tugas di Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman berdasarkan peraturan perudang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Dalam  melaksanakan tugas Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman, menyelenggarakan fungsi :

  1. Menghimpun kebijakan teknis di Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  2. Menghimpun data wilayah Perumahan dan Kawasan Permukiman  melalui pengukuran dan pemetaan.
  3. Mengelola data wilayah Perumahan dan Kawasan Permukiman melalui pemetaan untuk mengetahui gambaran wilayah pembangunan Perumahan dan Kawasan Permukiman serta penanganan kawasan kumuh perkotaan.
  4. Menyusun rencana teknis pembangunan sarana dan prasarana Perumahan dan Kawasan Permukiman berdasarkan skala prioritas untuk menjadi program unit.
  5. Mensosialisasikan  pelaksanaan  pembangunan sarana dan prasarana Perumahan dan Kawasan Permukiman secara terpadu agar masyarakat memahaminya.
  6. Menyebarluaskan  pelaksanaan  pembangunan  sarana Perumahan dan Kawasan Permukiman melalui media massa agar rekanan dapat mengetahuinya.
  7. Memproses rencana pembangunan sarana Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai Petunjuk Pelaksanaan/Petunjuk Teknis untuk tertibnya pelaksanaan.
  8. Melakukan pembinaan  terhadap rekanan pelaksanaan sarana Perumahan dan Kawasan Permukiman melalui Free Causte Meeting untuk penyesuaian rencana kerja.
  9. Melakukan evaluasi pelaksanaan pembangunan sarana Perumahan dan Kawasan Permukiman secara berkala untuk mengetahui perkembangannya.
  10. Melaksanakan Penyuluhan tentang kawasan permukiman sehat.

         

          Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman terdiri atas tiga Eselon IV yaitu : Seksi Penyediaan Perumahan, Seksi Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan Seksi Penataan, Pembinaan Peraturan Sertifikasi Perumahan dan Kawasan Permukiman.

 

3.1.    Seksi Penyediaan Perumahan

                   Seksi Penyediaan Perumahan melaksanakan tugas di Bidang Penyediaan Perumahan sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis untuk kelancaran tugas kedinasan. Dalam melaksanakan tugas Kepala Seksi Penyediaan Perumahan menyelenggarakan fungsi :

  1. Menyiapkan kebijakan teknis di Bidang Penyediaan Perumahan  sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  2. Mengumpul data potensi wilayah/kawasan peruntukan melalui survey sebagai dasar perecanaan pembangunan Perumahan.
  3. Memproses data potensi wilayah melalui pemetaan untuk mengetahui gambaran keadaan kawasan siap bangun.
  4. Mendesain dan menghitung rencana biaya dibidang Perumahan berdasarkan skala prioritas untuk menjadi program unit.
  5. Mengkaji dan Merekomendasikan pembangunan dan pengembangan penyediaan perumahan.
  6. Melaksanakan pengelolaan administrasi Perumahan sesuai desain dan anggaran biaya untuk terwujudnya pembangunan dan pengembangan karya wisma.
  7. Menyusun laporan hasil pemantauan lapangan di Bidang Penyediaan Perumahan secara rutin untuk mengetahui perkembangannya.
  8. Menyediakan dan Merehabilitasi Rumah Korban Bencana Alam Daerah.
  9. Merencanakan dan melaksanakan pembangunan penyediaan sarana dan prasarana dilingkungan perumahan dan permukiman.
  10. Memberikan bantuan teknis yang berkaitan dengan pembinaan peraturan dan pengawasan baik yang dibangun oleh pihak pemerintah maupun swasta.
  11. Melakukan pengelolaan dan manajerial rumah susun.
  12. Membentuk pihak swasta dalam menerapkan standar perumahan dan pemukiman.

 

3.2.             Seksi Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman

                   Seksi Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman Melaksanakan tugas di bidang Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman berdasarkan Peraturan Perundang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Dalam melaksanakan tugas Seksi Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman melaksanakan fungsi :

  1. Menyiapkan kebijakan teknis dibidang Pengelolaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  2. Mengumpul data penggunaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai jenis untuk mengetahui jumlahnya.
  3. Mengelola data penggunaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai jenis untuk jumlah pengadaannya.
  4. Menyusun rencana kegiatan pengadaan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai kebutuhan untuk menjadi program unit.
  5. Menyiapkan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai kebutuhan untuk kelancaran tugas.
  6. Memfasilitasi lokasi peruntukkan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Kawasan Permukiman berdasarkan skala prioritas untuk efektifitas pelaksanaan tugas.

 

3.3.             Seksi Penataan, Pembinaan Peraturan Sertifikasi Perumahan dan Kawasan Permukiman

                   Seksi Penataan, Pembinaan Peraturan Sertifikasi Perumahan dan Kawasan Permukiman melaksanakan tugas pengelolaan dibidang Penataan, Pembinaan Peraturan Sertifikasi Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk kelancaran tugas-tugas kedinasan. Dalam melaksanakan tugas Kepala Seksi Penataan, Pembinaan Peraturan Sertifikasi Perumahan dan Kawasan Permukiman menyelenggarakan fungsi:

  1. Menghimpun kebijakan teknis dibidang Penataan, Pembinaan Peraturan Sertifikasi Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  2. Menyusun rencana kegiatan Penataan, Pembinaan Peraturan Sertifikasi Perumahan dan Kawasan Permukiman sesuai kebutuhan untuk menjadi program Unit.
  3. Mengumpul data lokasi/wilayah peruntukkan Penataan dan  Pengembangan kawasan permukiman melalui monitoring / survey untuk mengetahui jumlah lokasi peruntukkan.
  4. Memberikan Bantuan Teknis yang berkaitan dengan pembangunan perumahan yang dilakukan oleh instansi pemerintah maupun swasta.
  5. Mengelola data lokasi/wilayah peruntukkan Penataan dan  Pengembangan kawasan permukiman sesuai jenis untuk mengetahui jumlah kebutuhan.
  6. Melakukan pemetaan lokasi/wilayah kawasan permukiman melalui survey untuk mengetahui gambaran peruntukkan Penataan dan  Pengembangan kawasan permukiman sebagai kawasan permukiman yang ditata dan dikembangkan.
  7. Melakukan Pengelolaan Manajerial rumah susun yang dibangun melalui dana APBN maupun APBD.
  8. Melakukan Penataan dan Pengembangan kualitas kawasan permukiman kumuh perkotaan.
  9. Menyelenggarakan kegiatan dari pemerintah yang berkaitan dengan perumahan dan pemukiman pada wilayah perkotaan, hinterland, daerah perbatasan dan daerah lainnya.
  10. Merencanakan dan melaksanakan pengamanan tebing kawasan perumahan dan permukiman yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah.
  11. Memfasilitasi penerbitan sertifikat kepemilikan bangunan gedung (SKGB)
  12. Memfasilitasi proses registrasi perumahan dan kawasan permukiman
  13. Menyelenggarakan perencanaan teknis di bidang pembinaan peraturan pembinaan dan pengawasan pengembangan kawasan permukiman.

 

4.       Bidang Penerangan Perkotaan dan Pemakaman Umum

          Bidang Penerangan Perkotaan dan Pemakaman Umum yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Bidang Penerangan Perkotaan dan Pemakaman Umum mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dinas lingkup penerangan jalan umum dan pemakaman umum berdasarkan Peraturan Perundang-Undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Bidang Penerangan Perkotaan dan Pemakaman Umum menyelenggarakan fungsi :

  1. Menghimpun kebijakan teknis dibidang Penerangan Perkotaan dan Pemakaman Umum berdasarkan petunjuk pelaksanaan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  2. Menghimpun data wilayah peruntukkan Penerangan Perkotaan dan pemakaman umum melalui survey untuk mengetahui kelayakannya.
  3. Mengelola data wilayah peruntukkan Penerangan Perkotaan dan pemakaman umum sesuai jenis sebagai acuan pelaksanaan tugas.
  4. Menyusun rencana kegiatan Penerangan Perkotaan dan pemakaman umum sesuai kebutuhan untuk menjadi program unit.
  5. Memfasilitasi lokasi peruntukkan Penerangan Perkotaan dan pemakaman umum berdasarkan skala prioritas untuk efektifitas pelaksanaan tugas.
  6. Melakukan pengaturan Penerangan Perkotaan dan pemakaman umum sesuai peruntukkan untuk kelancaran aktivitas masyarakat.
  7. Menyiapkan sarana dan prasarana Penerangan Perkotaan dan pemakaman umum sesuai kebutuhan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  8. Melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana Penerangan Perkotaan dan pemakaman umum secara rutin untuk kelangsungannya.
  9. Melakukan perhitungan penetapan tarif pemanfaatan sarana pemakaman sesuai klasifikasi untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

 

          Bidang Penerangan Perkotaan dan Pemakaman Umum mempunyai 3 (tiga) Eselon IV,  yang terdiri dari : Seksi Pendataan dan Pemeliharaan Penerangan Perkotaan, Seksi Prasarana dan Sarana Penerangan Perkotaan, dan Seksi Pemakaman Umum.

 

4.1.             Seksi Pendataan dan Pemeliharaan Penerangan Perkotaan

                   Seksi Pendataan dan Pemeliharaan Penerangan Perkotaan mempunyai tugas melaksanakan tugas di bidang pendataan dan pemeliharaan penerangan perkotaan berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, di Seksi Pendataan dan Pemeliharaan Penerangan Perkotaan menyelenggarakan fungsi :

  1. Menghimpun kebijakan teknis dibidang Pendataan dan Pemeliharaan  berdasarkan kebutuhan sebagai dasar palaksanaan tugas.
  2. Menyusun rencana kerja seksi pendataan dan monitoring evaluasi untuk penerangan perkotaan.
  3. Mengumpul data lokasi/wilayah peruntukkan penerangan perkotaan melalui monitoring/survei untuk mengetahui jumlah lokasi peruntukkan.
  4. Mengelola data lokasi/wilayah peruntukkan penerangan perkotaan sesuai jenis untuk mengetahui jumlah kebutuhan.
  5. Melakukan pemetaan lokasi/wilayah peruntukkan melalui survei untuk mengetahui gambaran peruntukkan penerangan perkotaan.
  6. Melakukan penataan penerangan perkotaan sesuai kebutuhan penerangan jalan.

 

4.2.             Seksi Prasarana dan Sarana Penerangan Perkotaan

                   Seksi Prasarana dan Sarana Penerangan Perkotaan, mempunyai tugas Melaksanakan tugas dibidang Prasarana dan Sarana Penerangan Perkotaan berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan. Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Kepala Seksi Penataan dan  Pengembangan kawasan permukiman menyelenggarakan fungsi :

  1. Menyiapkan kebijakan teknis dibidang sarana dan prasarana penerangan perkotaaan sesuai kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  2. Mengumpul data penggunaan sarana penerangan perkotaaan sesuai jenis untuk mengetahui jumlahnya.
  3. Mengelola data penggunaan sarana dan prasarana penerangan perkotaaan sesuai jenis untuk jumlah pengadaannya.
  4. Menyusun rencana kegiatan pengadaan sarana penerangan perkotaaan sesuai kebutuhan untuk menjadi program unit.
  5. Menyiapkan sarana dan prasarana penerangan perkotaaan sesuai kebutuhan untuk kelancaran tugas.
  6. Memfasilitasi lokasi peruntukkan penerangan kota berdasarkan skala prioritas untuk efektifitas pelaksanaan tugas.

 

4.3.             Seksi Permakaman Umum

                   Seksi Pemakaman Umum mempunyai tugas membantu kepala bidang dalam Pengelolaan Pemakaman Umum. Berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran pelaksanaan tugas. Dalam melaksanakan tugasnya Seksi Pemakaman Umum menyelenggarakan fungsi :

  1. Menyiapkan kebijakan teknis pemanfaatan tanah permakaman berdasarkan kebutuhan sebagai dasar pelaksanaan tugas.
  2. Menghimpun data kematian penduduk melalui unit terkait untuk menentukan wilayah peruntukan permakaman.
  3. Mengelola data wilayah peruntukan permakaman sesuai jenis sebagai acuan pelaksanaan tugas.
  4. Menyusun rencana pengadaan dan pemanfaatan srana permakaman sesuai kebutuhan untuk menjadi program unit.
  5. Menyiapkan srana/prasarana berdasarkan kebutuhan untuk efektifitas pelaksanaan tugas.
  6. Melakukan pengaturan sarana/prasarana permakaman sesuai klelompok untuk tertibnya pelayanan.
  7. Mengelola pemanfaatan sarana/prasarana permakaman sesuai permohonan untuk kontribusi PAD.
  8. Melakukan pemeliharaan dan perawatan sarana/prasarana permakaman secara rutin untuk kelangsungannya.

  • 05 Desember 2019