Sejarah

  • 17 November 2017
Sejarah

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang diterbitkan sejak tanggal diundangkan, yaitu 30 September 2014 oleh Presiden Republik Indonesia, yaitu Bapak Susilo Bambang Yudhoyono atas Persetujuan Bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, pada pasal 232 ayat (1), perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Perangkat Daerah.

Pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah yang ditetapkan pada tanggal, 15 Juni 2016 oleh Presiden Republik Indonesia, yaitu Bapak Joko Widodo, pada pasal 3 ayat (1), perlu menetapkan Peraturan Daerah tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Pada Peraturan Daerah Kota Gorontalo Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, yang diterbitkan sejak tanggal diperdakan, 28 September 2016, oleh Walikota Gorontalo, yaitu Bapak Marten Taha atas Persetujuan Bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Gorontalo, pada Pasal 3 ayat (3) tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, ketentuan mengenai kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi, serta tata kerja perangkat daerah diatur dengan Peraturan Walikota.

Sehingga pada Peraturan Walikota Gorontalo Nomor 44 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Kota Gorontalo, yang ditetapkan sejak tanggal, 27 Desember 2016, oleh Walikota Gorontalo, yaitu Bapak Marten A. Taha.

Berdasarkan data – data diatas, merupakan asal mula Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Gorontalo. Dinas ini merupakan gabungan antara bidang – bidang yang berada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Kimpraswil Kota Gorontalo serta Dinas Tatakota dan Pertamanan Kota Gorontalo, Dinas ini merupakan Dinas Tipe C, yang memiliki 1 (satu) sekretariat dan 2 (dua) Bidang Teknis, yaitu:

  1. Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman
  2. Bidang Penerangan Perkotaan serta Permakaman Umum

Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman merupakan Bidang yang ada pada Dinas Pekerjaan Umum dan Kimpraswil, kemudian Bidang Penerangan Perkotaan dan Pemakaman Umum merupakan Bidang yang ada pada Dinas Tatakota dan Pertamanan Kota Gorontalo.

  • 17 November 2017