Loading...
Logo Top
dinasperkimgto17@gmail.com (0435) 824795

Santorini, Kawasan Kumuh Yang Disulap Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Gorontalo

Umum
3 bulan yang lalu
40
Penulis
Administrator

Ada yang menarik di bagian Timur Kota Gorontalo. Cukup menempuh 10 menit perjalanan mengendarai kenderaan roda dua dari pusat Kota Gorontalo lapangan taruna, maka kita akan sampai di tempat yang dituju. 

Tepat bersebelahan dengan Jembatan Talumolo, ada sebuah kawasan yang dulunya kumuh dan tidak tertata namun kini telah menjadi indah dipandang mata. Suasana senja ditambah lagi angin semilir, membuat betah berlama-lama dilokasi. Apalagi letaknya tepat berada di bibir sungai dan terletak di belakang gunung. 

Kawasan itu ditetapkan dengan nama Santorini atau kawasan Talumolo rindang dan indah. 

Jika kita berkunjung, ada beberapa titik jalan masuk yang bisa dilalui. Memasuki kawasan Santorini dengan baik saat sore hari tanpa mengendarai kenderaan atau berjalan kaki.   

Ada beberapa titik lokasi yang dinilai sangat instragrambale. Feby salah satu pengunjung yang sempat di temui mengaku datang jauh dari Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo hanya untuk berkunjung ke Santorini, yang ia lihat dari platform digital tiktok.  

“Tahu santorini dari TikTok, sudah viral. Kawasan Santortini sudah lebih tertata, lebih bersih, dan instagramable untuk anak muda,” ungkap Feby saat menikmati sore hari di Santorini.

Santorini juga dimanfaatkan warga setempat sebagai peluang usaha UMKM kuliner, tampak berbagai kebutuhan peralatan tertata di sepanjang jalan paving blok Santorini. 

Misalnya saja Yuli, warga lokal yang mulai berjualan di Santorini. Dirinya sangat bersyukur dengan adanya Santorini ini, karena bisa meraup penghasilan dari berjualan di tempat ini.

Kami merasa senang, banyak pengunjung yang datang dan juga mendapat keuntungan berdagang di sini (Santorini), ungkap Yuli pada Rabu (24/1/2024). 

Lebih lanjut, yang juga mengalami perubahan drastis akibat program Santorini adalah rumah warga. Rumah yang sebelumnya tidak teratur dan terkesan kumuh, kini sudah berubah 360 derajat. Ini berkat program pembangunan rumah pada pemberantasan kemiskinan. 

Santorini juga dilengkapi lapangan sepak bola yang sudah dilengkapi tribun yang baru, dan Santorini Cafe yang tidak lama lagi dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. 

Tidak hanya itu, lokasi Santorini juga dimanfaatkan sebagai sarana olah raga lari, mereka menikmati sore sekaligus jogging bersama. 
 

Saat malam tiba, tampilan Santorini tampak lebih keren dengan adanya aneka lampu hias kelap kelip yang dipasang di beberapa titik sepanjang jalan. Terlihat dari jauh, tampilan jembatan Talumolo yang juga dekorasi lampu hias aneka warna yang silih berganti, menambah kemeriahan suasana malam. Tak salah jika Santorini disebut sebagai destinasi wisata baru di Kota Gorontalo.

Hadirnya Santorini disambut baik warga setempat. Mereka senang dan bersyukur atas dibuatnya Santorini. Bagi warga, Santorini sangat membantu perekonomian warga setempat. 

Banyak inovasi maupun rencana pemerintah kota yang ingin dikembangkan di Santorini, kita tunggu saja apa kejutannya. Selamat mengunjungi Santorini, kawasan yang dulunya kumuh kini digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata baru di Kota Gorontalo.

 

Sumber oleh : https://berita.gorontalokota.go.id/post/santorini-kawasan-kumuh-yang-disulap-jadi-destinasi-wisata-baru-di-kota-gorontalo

 

Diposting: Kamis, 01 Februari 24 - 07:32
Share this post:
Top