Loading...
Logo Top
dinasperkimgto17@gmail.com (0435) 824795

Soft Opening Kawasan SANTORINI

Umum
4 bulan yang lalu
56
Penulis
Administrator
thumb

Talumolo, Jumat, 29 Desember 2023, bertempat di lapangan AMPI Kawasan SANTORINI Kelurahan Talumolo, Walikota Gorontalo, DR. H. Marten A. Taha, SE, MEc.Dev dan seluruh jajaran Pemerintah Kota Gorontalo mulai dari Sekda sampai dengan staf ASN dan TPKD, melaksanakan kegiatan Senam Zumba. 


Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pemerintah Daerah untuk mulai memperkenalkan keberadaan sebuah kawasan  di bantaran sungan Bone yang langsung berbatasan dengan Pelabuhan Gorontalo yang dinamakan SANTORINI yang merupakan akronim dari Kawasan Talumolo Rindang dan Indah. 


Kawasan ini dulunya merupakan sebuah kawasan  kumuh terluas di Kota Gorontalo yang kemudian "disulap' menjadi sebuah kawasan tertata bahkan menjadi andalan baru Pemerintah Kota Gorontalo di bidang pariwisata karena pesona keindahan alam sekitar dan fasilitas yang dibangun di kawasan tersebut. 


Pada kesempatan itu juga, Walikota Gorontalo melakukan soft launching pengelolaan kawasan Santorini tersebut dan mengukuhkan Pengurus Koperasi Santorini Bone Berkah, yaitu Badan Usaha Koperasi yang dibentuk oleh masyarakat setempat yang akan menjadi Mitra Pemerintah Kota dalam mengelola berbagai potensi dan aktifitas di kawasan tersebut. 
Badan Usaha Koperasi yang diketuai oleh H. Anton Ismail (Haji Ato) tersebut selama 6 bulan ke depan akan melakoni Ujicoba Pengelolaan bersama Tim Persiapan Pengelolaan yang dibentuk oleh Pemerintah Kota Gorontalo. Dalam masa ujicoba pengelolaan tersebut, pihak pengelola akan melakukan identifikasi potensi usaha yang akan langsung dimanfaatkan dan potensi lainnya yang berpeluang menjadi aktifitas yang punya nilai komersial dan ekonomis bagi warga setempat. 


Di saat bersamaan, Tim Persiapan Pengelolaan akan mencari format kerjasama pengelolaan yang ideal dan permanen untuk dilaksanakan, paska masa pemeliharaan oleh pihak kontraktor usai dilaksanakan. 


Walikota Gorontalo pada kesempatan tersebut berharap kepada pihak calon pengelola yaitu Badan Usaha Koperasi yang baru dibentuk agar dapat membantu Pemerintah Kota Gorontalo untuk menyiapkan berbagai langkah yang diperlukan untuk dapat memanfaatkan berbagai fasilitas di kawasan ini, baik retail kuliner, sarana olahraga maupun fasilitas lainnya agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar secara optimal dan berkelanjutan. 


Kepada masyarakat sekitar, Walikota Gorontalo 2 periode ini menyampaikan harapan agar masyarakat sekitar ikut menjadi keindahan dan kebersihan kawasan agar tetap menarik dan dapat mengundang kunjungan wisatawan lokal maupun dari luar. 
Secara khusus Walikota Marten Taha ikut menyoroti kebiasaan masyarakat setempat yang sering membuang sampah sembarangan di bantaran atau badan sungai. Hal ini akan dapat mengotori kawasan, menimbulkan bau yang tidak sedap dan dapat menyebabkan  penyakit. Olehnya, Walikota menambahkan agar masyarakat setempat harus punya rasa memiliki agar kawasan ini dapat terjaga keindahannya dan berkembang perekonomiannya. -prkm17-

 

Diposting: Kamis, 04 Januari 24 - 11:34
Share this post:
Top